Analisis Indeks Kepuasan Mahasiswa (IKM) Praktikan terhadap Kualitas Penyelenggaran Praktikum di Laboratorium Terpadu Unit Kimia UHO Semester Genap Tahun 2021-2022
Keywords:
IKM, Mahasiswa, Praktikum, LaboratoriumAbstract
Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui Indeks Kepuasan Mahasiswa (IKM) praktikan terhadap kualitas penyelenggaran praktikum di Laboratorium Terpadu Unit Kimia Universitas Halu Oleo semester genap 2021/2022. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian populasi dimana seluruh mahasiswa praktikan memberikan respon pada angket yang memuat 12 pertanyaan yang dimaksudkan untuk melihat respon praktikan terhadap aspek layanan asisten pembina praktikum, format laporan praktikum, Fasilitas laboratorium kecepatan tanggapan untuk aduan maupun kemudahan akses informasi praktikum. Angket yang mengukur respon mahasiswa dibuat dalam skala differensial semantic dengan penilaian evaluasi baik-buruk. Data kemudian dioleh untuk mendapatkan persentase pada tiap aspek layanan dan dianalisis lebih lanjut untuk menentukan nilai IKM yang diperoleh. Hasil analisis semua aspek layanan mendapatkan respon dalam kategori sangat baik. Berturut-turut untuk respon terhadap asisten pembina praktikum, format laporan praktikum, Fasilitas laboratorium serta tanggapan aduan dan kemudahan akses informasi praktikum adalah 93,10%; 93,50%; 92,67% dan 92,90% dengan rata-rata respon sebesar 93,04%. Adapun nilai IKM yang diperoleh adalah 92,95, yang berarti memiliki nilai mutu “A” atau dalam kinerja sangat baik. Hal ini menunjukan bahwa pelaksanaan praktikum kimia dasar sudah sangat memuaskan praktikan. Kinerja ini harus terus dipertahankan dan bila perlu, terus ditingkatkan dimasa mendatang.Downloads
Published
2022-12-25
How to Cite
Nurhayati, Nuliana, L., Subu, L., & Andriyani. (2022). Analisis Indeks Kepuasan Mahasiswa (IKM) Praktikan terhadap Kualitas Penyelenggaran Praktikum di Laboratorium Terpadu Unit Kimia UHO Semester Genap Tahun 2021-2022. Sains: Jurnal Kimia Dan Pendidikan Kimia, 11(2), 148–152. Retrieved from https://sains.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/11
Issue
Section
Articles