Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Koloid

Authors

  • Puspita Sati Kirani Jurusan Pendidikan Kimia FKIP UHO
  • Maysara
  • Muhammad Alim Marhadi

Keywords:

Creative Problem Solving, Hasil belajar, Koloid, LKPD

Abstract

Penelitian “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik pada Materi Koloid” bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan keefektifan LKPD berbasis Creative Problem Solving pada materi koloid. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (RdanD) yang menggunakan model Thiagarajan. Prosedur pengembangan meliputi tahap pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA1 sebanyak 35 peserta didik. Instrumen penelitian menggunakan lembar validasi, lembar angket respon peserta didik dan lembar soal pretest-postest. Data hasil penelitian kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk LKPD berbasis Creative Problem Solving yang telah dikembangkan dan dinilai oleh validator ahli berada pada kategori sangat valid dengan persentase rata-rata sebesar 92%, respon peserta didik terhadap LKPD berbasis Creative Problem Solving memperoleh persentase 87% berada pada kategori sangat praktis dan tingkat keefektifan yang diperoleh dengan uji N-Gain sebesar 0,7 dengan kategori tinggi.

Downloads

Published

2024-02-18

How to Cite

Kirani, P. S., Maysara, & Alim Marhadi, M. (2024). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Koloid. Sains: Jurnal Kimia Dan Pendidikan Kimia, 12(2), 117–122. Retrieved from https://sains.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/41