Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Kemampuan Matematika Dasar Siswa terhadap Pengetahuan Konseptual Termokimia Siswa SMA

Authors

  • Nada Shofa Jurusan Pendidikan Kimia FKIP UHO
  • Supriadi
  • Fatahu

Keywords:

jigsaw, konseptual, faktorial, proses, kognitif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw (PKJ) dan kemampuan matematika dasar (KMD) siswa terhadap peningkatan pengetahuan konseptual (PK) termokimia siswa. KMD siswa dikategorikan ke dalam tingkat rendah, sedang, dan tinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan desain faktorial pre-test post-test control group. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 06 Bombana di Kabupaten Bombana. Sampel penelitian berjumlah 41 siswa yang terdiri dari satu kelas kontrol 21 siswa dan satu kelas eksperimen 20 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan tes pengetahuan konseptual, dan tes kemampuan matematika dasar. Hasil penelitian menunjukkan: PK siswa yang mendapatkan model PKJ lebih tinggi secara kuantitatif dibandingkan dengan siswa yang mendapatkan PKo. Peningkatan PK siswa yang mendapatkan model PKJ lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan siswa yang mendapatkan PKo. Tingkat KMD siswa tidak berpengaruh terhadap peningkatan PK siswa. Tingkat KMD dan model pembelajaran tidak berinteraksi terhadap peningkatan PK siswa.

Downloads

Published

2024-08-16

How to Cite

Shofa, N., Supriadi, & Fatahu. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Kemampuan Matematika Dasar Siswa terhadap Pengetahuan Konseptual Termokimia Siswa SMA. Sains: Jurnal Kimia Dan Pendidikan Kimia, 13(1), 37–47. Retrieved from https://sains.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/61