Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Kemampuan Matematika Dasar Siswa terhadap Pengetahuan Konseptual Termokimia Siswa SMA
Keywords:
jigsaw, konseptual, faktorial, proses, kognitifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw (PKJ) dan kemampuan matematika dasar (KMD) siswa terhadap peningkatan pengetahuan konseptual (PK) termokimia siswa. KMD siswa dikategorikan ke dalam tingkat rendah, sedang, dan tinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan desain faktorial pre-test post-test control group. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 06 Bombana di Kabupaten Bombana. Sampel penelitian berjumlah 41 siswa yang terdiri dari satu kelas kontrol 21 siswa dan satu kelas eksperimen 20 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan tes pengetahuan konseptual, dan tes kemampuan matematika dasar. Hasil penelitian menunjukkan: PK siswa yang mendapatkan model PKJ lebih tinggi secara kuantitatif dibandingkan dengan siswa yang mendapatkan PKo. Peningkatan PK siswa yang mendapatkan model PKJ lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan siswa yang mendapatkan PKo. Tingkat KMD siswa tidak berpengaruh terhadap peningkatan PK siswa. Tingkat KMD dan model pembelajaran tidak berinteraksi terhadap peningkatan PK siswa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nada Shofa, Supriadi, Fatahu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.