Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Materi Laju Reaksi untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Batauga

Authors

  • Waode Alkamalia Jurusan Pendidikan Kimia FKIP UHO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan penguasan konsep siswa melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah (PBM) pada konsep Laju Reaksi. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Batauga Kabupaten Buton Selatan Propinsi Sulawesi Tenggara pada bulan September - November 2021. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Sampel diambil secara purposive sampling dari 40 siswa dibagi menjadi 2 kelompok yaitu 20 siswa kelompok eksperimen dan 20 siswa kelompok kontrol. Data penelitian dikumpulkan melalui tes penguasaan konsep yang dilakukan sebelum dan sesudah pembelajaran, pedoman observasi untuk mengetahui aktivitas guru selama pembelajaran berlangsung yang bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran Berbasis Masalah. Analisis data tes dilakukan dengan teknik statistik uji-t untuk melihat perbedaan N-Gain penguasaan konsep kedua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Model PBM pada konsep Laju Reaksi secara signifikan dapat lebih meningkatkan penguasaan konsep siswa dibanding penerapan model pembelajaran konvensional. Aktivitas guru selama pembelajaran terlaksana sesuai dengan langkah-langkah model pembelajaran berbasis masalah. Hasil tersebut menggambarkan bahwa Model PBM layak digunakan sebagai alternatif model pembelajaran kimia untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa.

Downloads

Published

2024-08-28

How to Cite

Alkamalia, W. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Materi Laju Reaksi untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Batauga. Sains: Jurnal Kimia Dan Pendidikan Kimia, 13(1), 79–83. Retrieved from https://sains.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/67