https://sains.uho.ac.id/index.php/journal/issue/feed Sains: Jurnal Kimia dan Pendidikan Kimia 2024-02-18T12:21:50+00:00 Rustam Musta rustammusta.fkip@uho.ac.id Open Journal Systems <table style="height: 338px;" width="804" cellpadding="0" bgcolor="#F4F6F6"> <thead> <tr style="height: 30px;"> <td style="height: 30px; width: 137.462px;">Title</td> <td style="height: 30px; width: 6.7px;">:</td> <td style="height: 30px; width: 370.35px;">SAINS: Jurnal Kimia dan Pendidikan Kimia</td> <td style="height: 338px; width: 273.487px;" rowspan="12"> </td> </tr> <tr style="height: 30px;"> <td style="height: 30px; width: 137.462px;">Initials</td> <td style="height: 30px; width: 6.7px;">:</td> <td style="height: 30px; width: 370.35px;"><span style="font-family: arial; font-size: small;">Sains</span></td> </tr> <tr style="height: 30px;"> <td style="height: 30px; width: 137.462px;">Print ISSN</td> <td style="height: 30px; width: 6.7px;">:</td> <td style="height: 30px; width: 370.35px;"><span style="font-family: arial; font-size: small;">2301-5934</span></td> </tr> <tr style="height: 30px;"> <td style="height: 30px; width: 137.462px;">Online ISSN</td> <td style="height: 30px; width: 6.7px;">:</td> <td style="height: 30px; width: 370.35px;"><span style="font-family: arial; font-size: small;">2964-8084</span></td> </tr> <tr style="height: 30px;"> <td style="height: 30px; width: 137.462px;">Citation Analysis</td> <td style="height: 30px; width: 6.7px;">:</td> <td style="height: 30px; width: 370.35px;"><span style="font-family: arial; font-size: small;">Google Scholar </span></td> </tr> <tr style="height: 30px;"> <td style="height: 30px; width: 137.462px;">Editorial</td> <td style="height: 30px; width: 6.7px;">:</td> <td style="height: 30px; width: 370.35px;"><span style="font-family: arial; font-size: small;">Rustam Musta (EIC) see <a href="https://sains.uho.ac.id/index.php/journal/et" target="_blank" rel="noopener">Editorial Team</a></span></td> </tr> <tr style="height: 30px;"> <td style="height: 30px; width: 137.462px;">Publisher</td> <td style="height: 30px; width: 6.7px;">:</td> <td style="height: 30px; width: 370.35px;"><span style="font-family: arial; font-size: small;">Jurusan Pendidikan Kimia, Universitas Haluoleo</span></td> </tr> <tr style="height: 30px;"> <td style="height: 30px; width: 137.462px;"> </td> <td style="height: 30px; width: 6.7px;"> </td> <td style="height: 30px; width: 370.35px;"> </td> </tr> <tr style="height: 30px;"> <td style="height: 30px; width: 137.462px;"> </td> <td style="height: 30px; width: 6.7px;"> </td> <td style="height: 30px; width: 370.35px;"> </td> </tr> <tr style="height: 30px;"> <td style="height: 30px; width: 137.462px;"> </td> <td style="height: 30px; width: 6.7px;"> </td> <td style="height: 30px; width: 370.35px;"> </td> </tr> </thead> </table> <section class="additional_content col-md-12"> <h2>SAINS : Jurnal Kimia &amp; Pendidikan Kimia</h2> <div id="content"> <div id="journalDescription"> <div id="content"> <div id="journalDescription"> <p>Dikelola oleh Jurusan Pendidikan Kimia, FKIP Universitas Halu Oleo Kendari sejak tahun 2012 dengan Media Cetak ber-ISSN 2301-5934 dan melakukan penerbitan pertamanya pada bulan April tahun tersebut. Sejak tahun 2021 pada terbitan Volume 10 Nomor 1, mengalami perubahan bulan terbitan menjadi Juni - Desember dan dikelola menggunakan sistem OJS2. Ber-ISSN on-line 2964-8084 sejak terbitan Volume 11 Nomor 2, kemudian dikelola menggunakan sistem OJS3 dengan format artikel yang baru sejak terbitan Volume 12 Nomor 1. <strong>Sains: Jurnal Kimia &amp; Pendidikan Kimia</strong> mempublikasi <em>Original Artikel</em>, <em>Short Communication</em> dan <em>Review Artikel</em> yang berkaitan dengan <strong>bidang kimia</strong> termasuk didalamnya <strong>teknik kimia</strong> maupun <strong>pendidikan kimia</strong>. Artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini merupakan artikel yang belum dan tidak akan diterbitkan pada jurnal yang lain.</p> </div> </div> <hr /> <p> </p> <p><strong>Pengumuman:</strong></p> </div> </div> <hr /> <p> </p> </section> https://sains.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/38 Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIPA pada Materi Asam Basa 2024-02-13T03:47:14+00:00 Ani Septiani aniseptiani18@gmail.com Yunianti Tewa yuniatitewa.fkip@uho.ac.id Rahmanpiu rahmanpiu.fkip@uho.ac.id <p class="TableParagraph" style="text-align: justify; line-height: 98%; margin: .05pt 9.9pt .0001pt 0cm;"><span style="font-size: 10.0pt; line-height: 98%;">Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 9 Kendari pada materi asam basa menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS), mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran dan mendeskripsikan efektifitas penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS). Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan desain Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik pengumpulan data menggunakan Pretest Posttest dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 9 Kendari yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) diperoleh nilai rata-rata 76,97 dan aktivitas belajar siswa sebesar 80,5%. Dari data tersebut menunjukkan bahwa penerapan model Think Pair Share (TPS) pada pembelajaran asam basa dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan kategori sangat baik dengan efektifitas pembelajaran sebesar 0,65 atau nilai n-gain termasuk pada kategori sedang.</span></p> <p class="TableParagraph" style="text-align: justify; line-height: 98%; margin: .05pt 9.9pt .0001pt 0cm;"><span style="font-size: 10.0pt; line-height: 98%;"> </span></p> 2024-02-15T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Ani Septiani, Yunianti Tewa, Rahmanpiu https://sains.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/47 Akurasi dan Presisi Analisis Kadar Nikel (Ni) pada Sampel Nikel Laterit Menggunakan X-Ray Fluorescence Spectometry (XRF) 2024-02-15T04:33:44+00:00 Yulianti Malik yuliantimalik04pilm@gmail.com <p><em>Testing laboratories are required to be able to produce reliable and accountable analysis results. In order to fulfill this, it is necessary to verify the method. Method verification has been carried out for accuracy and precision parameters for the analysis of nickel elements in laterite nickel ore using XRF based on the ASTM E1085-16 analysis method. The test results show that these two parameters meet the acceptance requirements, with an accuracy rate (TA) of 99.43%, and a low error rate of only around 0.57% and meet the acceptance test requirements with the Horwitz equation, namely 0.0100 ≤ 0.0156. Meanwhile, the precision (repeatability) test carried out also met the acceptance requirements which met the test requirements using the Horwitz equation with a ratio of %RSD &lt; ½ CV Horwitz (0.4693 &lt; 1.84005).</em></p> 2024-02-16T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Yulianti Malik https://sains.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/44 IKM pada Layanan Praktikum di Laboratorium Unit Kimia UPT. Laboratorium Terpadu UHO Semester Genap Tahun 2022/2023 2024-02-16T08:30:17+00:00 Laily Nurliana laylinurliana@gmail.com <p><em>Telah dilakukan penelitian berjudul IKM pada layanan Praktikum di Laboratorium Unit Kimia UPT. Laboratorium Terpadu UHO Semester Genap Tahun 2022/2023 yang dimaksudkan untuk mengetahui persepsi mahsiswa terhadap kualitas layanan yang diberikan. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan angket dimana terdapat 13 item yang dimaksudkan mengukur 5 aspek layanan laboratorium. Adapun responden peneltian adalah keseluruhan mahasiswa praktikan pada semester genap 2022/2023. Data angket kemudian dianalisis dengan persentase untuk mengetahui kualitas layanan pada tiap aspek. Adapun kualitas layanan secara keseluruhan ditentukan dengan analisis IKM. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa semua aspek yang diukur yankni Asisten Pembina Praktikum, Format Laporan, Alat-Bahan dan Fasilitas Penunjang Praktikum, Layanan Aduan dari Praktikan serta Penuntun dan Video Praktikum berturut-turut mendapatkan tanggapan positif sebesar 90,12; 89,66; 92,03; 86,77 dan 90,08 persen, semuanya berada pada kategori “Sangat Baik”. Analisis IKM yang dilakukan mendapatkan hasil 90,15 dengan kualitas mutu “A” yang menunjukan bahwa kualitas layanan praktikum yang diberikan sangat baik.</em></p> 2024-02-16T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Laily Nurliana https://sains.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/39 Analisis Kualitas Soal Ujian Akhir Semester Mata Pelajaran Kimia SMA Negeri 1 Napabalano 2024-02-17T05:37:48+00:00 Mustika Lestari mustikalestari@gmail.com Rustam Musta rustammusta.fkip@uho.ac.id Rahmanpiu rahmanpiu.fkip@uho.ac.id <p>Telah dilakukan penelitian “Analisis Kualitas Butir Soal Ujian Akhir Semester (UAS) dengan Membandingkan Kualitas Soal 3 Tahun Terakhir pada Mata Pelajaran Kimia Kelas XI MIA Semester Ganjil T.A 2020/2021-2022/2023 di SMA Negeri 1 Napano Kusambi”. Penelitian ini bertujuan mengetahui kesesuaian soal UAS dengan tujuan pembelajaran dan distribusi kognitif taksonomi Bloom. Objek penelitian seluruh soal UAS buatan guru kimia kelas XI MIA semester ganjil selama 3 tahun. Pengumpulan data dengan teknik dokumentasi dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan 86% soal UAS T.A 2020/2021-2022/2023 sesuai tujuan pembelajaran, sedangkan 14% tidak sesuai. Berdasarkan tingkat Taksonomi Bloomnya, soal T.A 2020/2021 dan 2021/2022 menunjukkan klasifikasi LOTS 43%, MOTS 57%, dan HOTS 0%. Soal UAS T.A 2022/2023, 43% LOTS, 43% MOTS, dan 14% HOTS. Soal UAS buatan guru belum mengacu pada tujuan pembelajaran dan didominasi soal mudah.</p> 2024-02-18T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Mustika Lestari, Rustam Musta, Rahmanpiu https://sains.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/40 Efektivitas Penerapan LKPD Berbasis Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X MIA pada Materi Hakikat Ilmu Kimia 2024-02-17T05:45:34+00:00 Sari Novi Delpia novidelpia142@gmail.com Muhammad Alim Marhadi muhammadalimmarhadi.fkip@uho.ac.id La Rudi larudi.fkip@uho.ac.id <p><em>This study aims to determine the description of student learning outcomes with the application of problem-based learning LKPD in class X MIA on the subject of the nature of chemistry, determine the effectiveness of problem-based learning LKPD in class X MIA on the subject of the nature of chemistry and student responses to the application of problem-based learning LKPD on the subject of the nature of chemistry. The subjects in this study were X MIA class students consisting of 18 students with 2 male students and 16 female students. The design in this study used a One-group Pretest Posttest Design research design. Data collection techniques were carried out by giving research instruments in the form of pretest and posttest questions and student response questionnaires. The results of this study indicate that the average initial test is 35.56% and the final test is 84.17%, the application of PBL-based LKPD is very effective in improving the learning outcomes of students in class X MIA SMAN 1 Anggaberi which is indicated by the average Ngain of 0.75. The overall percentage of student responses to the use of problem-based learning-based LKPD is 81.2% or in the very good category</em></p> 2024-02-18T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Sari Novi Delpia, Muhammad Alim Marhadi, La Rudi https://sains.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/41 Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Koloid 2024-02-17T05:51:13+00:00 Puspita Sati Kirani kirani.puspitasari15@gmail.com Maysara maysara.fkip@uho.ac.id Muhammad Alim Marhadi muhammadalimmarhadi.fkip@uho.ac.id <p><em>Penelitian “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik pada Materi Koloid” bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan keefektifan LKPD berbasis Creative Problem Solving pada materi koloid. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (RdanD) yang menggunakan model Thiagarajan. Prosedur pengembangan meliputi tahap pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA<sup>1</sup> sebanyak 35 peserta didik. Instrumen penelitian menggunakan lembar validasi, lembar angket respon peserta didik dan lembar soal pretest-postest. Data hasil penelitian kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk LKPD berbasis Creative Problem Solving yang telah dikembangkan dan dinilai oleh validator ahli berada pada kategori sangat valid dengan persentase rata-rata sebesar 92%, respon peserta didik terhadap LKPD berbasis Creative Problem Solving memperoleh persentase 87% berada pada kategori sangat praktis dan tingkat keefektifan yang diperoleh dengan uji N-Gain sebesar 0,7 dengan kategori tinggi.</em></p> 2024-02-18T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Puspita Sati Kirani, Maysara, Muhammad Alim Marhadi https://sains.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/42 Pengembangan LKPD (Lembar Kerja Peserta Dididk) Praktikum Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Asam Basa 2024-02-17T05:56:54+00:00 Ekon ekon18@gmail.com Fahyuddin fahyuddin.fkip@uho.ac.id Abraham Rahman abrahamrahman.fkip@uho.ac.id <p><em>This research aims is Developing Guided Inquiry-based practicum LKDP which was developed on valid acid-base material and Testing the implementation of guided inquiry-based practicum LKDP which was developed on acid-base material. The subjects in this research were class XI MIA4 students at SMA Negeri 1 Lawa totaling 30 students. Subjects were taken using purposive sampling, namely determining samples with certain considerations that were deemed able to provide maximum data. The instrument used to measure the implementation of guided inquiry-based practical LKPD is a response questionnaire (teacher and student). The results of data analysis show that 1) The validity of the guided inquiry-based practicum LKDP from the validation results of 2 validators shows that media validators have an average assessment presentation of 88.57% with very feasible criteria and material validators have an average assessment percentage of 90.90 If the criteria are very feasible, then the LKPD is worth testing. 2) The implementation of the guided inquiry-based practical LKPD in small groups obtained a percentage of students who strongly agreed 88.88%, while for large groups the percentage of students who strongly agreed was 91.93% and for the teacher percentage the percentage value was 88%.</em></p> 2024-02-18T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Ekon, Fahyuddin, Abraham Rahman https://sains.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/43 Analisis Senyawa Metabolit Sekunder dan Uji Toksisitas Fraksi N-Heksan dan Fraksi Etil Asetat Ekstrak Etanol Daun Ketepeng Cina (Cassia alata L.) 2024-02-18T12:16:48+00:00 Nunung Pratiwi nunungpratiwi06@gmail.com Dahlan dahlan.fkip@uho.ac.id Wa Ode Mulyana waodemulyana.fkip@uho.ac.id <p><em>This study aims to determine the group of secondary metabolite contained in n-hexane fraction and ethyl acetate fraction ethanol extracts chinese ketepeng leaves and determine the level of toxicity n-hexane fraction and ethyl acetate fraction extracts chinese ketepeng leaves on Artemia salina L. Extraction using maceration technique, the secondary metabolite compounds was determined by phytochemical method, and toxicity testing on Artemia salina L. larvae by BSLT method. Larval mortality data were analyzed by probit analysis to determine the LC<sub>50</sub> value in each n-hexane fraction and ethyl acetate fraction. The results of phytochemical screening showed the presence the n-hexan fraction contains flavonoids and steroid compounds, while the ethyl acetate fraction contains steroid and tannin compounds. The results of toxicity testing showed that each fraction showed toxic activity against Artemia salina Leach larvae. The ethyl acetate fraction showed the highest toxic activity (LC<sub>50</sub> of&nbsp; 316,22 ppm), and the n-hexan fraction (LC<sub>50</sub> of 457,08 ppm). </em></p> 2024-02-19T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Nunung Pratiwi, Dahlan, Wa Ode Mulyana https://sains.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/45 Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Struktur Atom 2024-02-18T12:21:50+00:00 Anas Laode anaslaode17@gmail.com Dahlan dahlan.fkip@uho.ac.id Rustam Musta rustammusta.04@gmail.com <p><em>Telah dilakukan penelitian dengan judul: Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Struktur Atom. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran discovery learning dan mengetahui hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan model pembelajaran discovery learning pada materi struktur atom serta untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran discovery learning terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi pokok struktur atom. Penelitian di desain dalam Pre-Eksperimen dengan rancangan One group Pretest Postest Design. Sampel penelitian adalah 36 siswa kelas X MIA¹ SMA Negeri 1 Wakorumba Selatan. Istrumen penelitian berupa soal pilihan ganda berjumlah 20 item dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukan rata-rata respon positif &nbsp;siswa untuk model discovery learning berada pada kategori “baik” sebesar 80,59% dan rata-rata hasil belajar siswa kelas X MIA<sup>1</sup> setelah diterapkannya model discovery learning sebesar 80,13. Penelitian ini juga menemukan bahwa penerapan model discovery learning dalam proses pembelajaran cukup efektif dengan nilai rata-rata n-gain sebesar 0.70 atau termasuk dalam kategori sedang.</em></p> 2024-02-19T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Anas Laode, Dahlan, Rustam Musta