Analisis Senyawa Metabolit Sekunder dan Uji Toksisitas Fraksi n-Heksan dan Fraksi Etil Asetat Ekstrak Etanol Batang Ketepeng Cina (Cassia alata L.)

Authors

  • Sri Sartini Muniaha Jurusan Pendidikan Kimia FKIP UHO
  • Dahlan
  • Wa Ode Mulyana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidenfikasi kandungan metabolit sekunder yang terkandung dalam fraksi n-heksan dan dan fraksi etil asetate dari ekstrak etanol batang ketepeng cina, juga menganalisis aktifitas toksiknyadalam menghambat larva A. salina. Setiap fraksi dianalisis secara fotokimia dan diuji toksisitasnya dengan metode Brine Shrimp Lethality Test (BSLT). Hasil pengujian menunjukkan bahwa fraksi n-heksan mengandung steroid dan saponin, sementara fraksi etil asetate positif flavonoid dan tanin. Kedua fraksi memperlihatkan aktivitas penghambatan terhadap larva A. salina Leach. Fraksi n-heksan memperlihatkan aktifitas yang sangat tinggi (LC50 of 193,95 ppm), sedikit lebih rendah dari fraksi etil asetat (LC50 of 274,026 ppm).

Downloads

Published

2024-08-13

How to Cite

Muniaha, S. S., Dahlan, & Mulyana, W. O. (2024). Analisis Senyawa Metabolit Sekunder dan Uji Toksisitas Fraksi n-Heksan dan Fraksi Etil Asetat Ekstrak Etanol Batang Ketepeng Cina (Cassia alata L.). Sains: Jurnal Kimia Dan Pendidikan Kimia, 13(1), 29–36. Retrieved from https://sains.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/59