Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Struktur Atom

Authors

  • Anas Laode Jurusan Pendidikan Kimia FKIP UHO
  • Dahlan
  • Rustam Musta

Abstract

Telah dilakukan penelitian dengan judul: Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Struktur Atom. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran discovery learning dan mengetahui hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan model pembelajaran discovery learning pada materi struktur atom serta untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran discovery learning terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi pokok struktur atom. Penelitian di desain dalam Pre-Eksperimen dengan rancangan One group Pretest Postest Design. Sampel penelitian adalah 36 siswa kelas X MIA¹ SMA Negeri 1 Wakorumba Selatan. Istrumen penelitian berupa soal pilihan ganda berjumlah 20 item dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukan rata-rata respon positif  siswa untuk model discovery learning berada pada kategori “baik” sebesar 80,59% dan rata-rata hasil belajar siswa kelas X MIA1 setelah diterapkannya model discovery learning sebesar 80,13. Penelitian ini juga menemukan bahwa penerapan model discovery learning dalam proses pembelajaran cukup efektif dengan nilai rata-rata n-gain sebesar 0.70 atau termasuk dalam kategori sedang.

Downloads

Published

2024-02-19

How to Cite

Laode, A., Dahlan, & Musta, R. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Struktur Atom. Sains: Jurnal Kimia Dan Pendidikan Kimia, 12(2), 139–143. Retrieved from https://sains.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/45