Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X5 SMA Negeri 1 Kontunaga Kabupaten Muna pada Materi Pokok Struktur Atom dan Tabel Periodik Unsur
Abstract
Telah dilakukan penelitian dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X5 SMA Negeri 1 Kontunaga Kabupaten Muna pada Materi Pokok Struktur Atom dan Tabel Periodik Unsur”. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah hasil belajar kimia siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas X5 SMA Negeri 1 Kontunaga Kabupaten Muna pada materi pokok struktur atom dan tabel periodik unsur?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar kimia siswa kelas X5 SMA Negeri 1 Kontunaga Kabupaten Muna pada materi pokok struktur atom dan tabel periodik unsur melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jenis data yang diperoleh adalah data kualitatif yang berasal dari lembar observasi dan data kuantitatif yang berasal dari hasil tes belajar. Berdasarkan hasil analisis secara deskriptif diketahui bahwa peningkatan tersebut didukung oleh aktivitas siswa secara umum pada setiap siklus cenderung mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari persentase aktivitas siswa pada siklus I sebesar 54,8% dan pada siklus II meningkat menjadi 73,6%. Hasil belajar kimia siswa mengalami peningkatan secara klasikal dari siklus I ke siklus II. Peningkatan tersebut ditunjukkan oleh hasil belajar kimia siswa pada siklus I sebesar 45,71% dan pada siklus II sebesar 80% dengan peningkatan sebesar 34,29%.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Eka Cahyana Mandasari, Esnawi, Aceng Haetami
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.