Pengaruh Game on-Line dan Social Media terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Kimia Siswa Kelas XI SMA Negeri 6 Kendari

Authors

  • Ni Putu Megareta Ayu Pratiwi
  • Eka Cahyana Mandasari Jurusan Pendidikan Kimia FKIP UHO
  • Rustam Musta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh game on-line dan social media terhadap prestasi belajar kimia siswa kelas XI di SMA Negeri 6 Kendari. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 6 Kendari yang berjumlah 198 orang dengan sampel penelitian sebanyak 30% dari populasi yaitu pada kelas XI MIA 3 terdiri dari 34 siswa dan XI MIA 6 terdiri dari 26 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui instrumen tes berupa quisioner  game on-line dan social media. Hasil Analisis data diperoleh nilai hasil uji Parsial (uji t), pada game on-line terdapat pengaruh yang signifikan game on-line terhadap prestasi  belajar kimia siswa kelas XI di SMA Negeri 6 Kendari dan hasil uji Parsial (uji t), pada social media tidak terdapat pengaruh yang signifikan social media terhadap prestasi  belajar kimia siswa kelas XI di SMA Negeri 6 Kendari. Hasil analisis koefisien determinasi pada penelitian ini diketahui bahwa pengaruh yang di timbulkan oleh game on-line dan social media tergolong kecil.

Downloads

Published

2024-08-19

How to Cite

Megareta Ayu Pratiwi, N. P., Cahyana Mandasari, E., & Musta, R. (2024). Pengaruh Game on-Line dan Social Media terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Kimia Siswa Kelas XI SMA Negeri 6 Kendari. Sains: Jurnal Kimia Dan Pendidikan Kimia, 13(1), 66–71. Retrieved from https://sains.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/64