Efektivitas Penerapan Model Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Materi Pokok Ikatan Kimia

Authors

  • Safiana Jurusan Pendidikan Kimia FKIP UHO
  • Nurlansi
  • Yunianti Tewa

Keywords:

belajar, discovery learning, efektivitas, pembelajaran, model

Abstract

Telah dilakukan penelitian efektivitas penerapan model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X IPA pada materi pokok  ikatan kimia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivitas model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar serta respon siswa terhadap model pembelajaran discovery learning pada materi ikatan kimia. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu pre-eksperimen dengan desain penelitian one-group pretest-postest design. Pertama pemberian pretest kemudian pemberian perlakuan discvery learning setelah itu pemberian posttest. Teknik pengumpulan data melalui pemberian pretes dan posttest yang berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 butir soal, lembar observasi pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar peserta didik pre-test sebelum diajar dengan discovery learning adalah 27,7 meningkat menjadi 78,8 pada posttest dengan nilai N-gain 0,71 merupakan kriteria tinggi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Downloads

Published

2024-02-11

How to Cite

Safiana, Nurlansi, & Tewa, Y. (2024). Efektivitas Penerapan Model Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Materi Pokok Ikatan Kimia. Sains: Jurnal Kimia Dan Pendidikan Kimia, 12(1), 69–77. Retrieved from https://sains.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/37

Most read articles by the same author(s)