Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIPA pada Materi Asam Basa

Authors

  • Ani Septiani Jurusan Pendidikan Kimia FKIP UHO
  • Yunianti Tewa
  • Rahmanpiu

Keywords:

asam basa, koperatif, model pembelajaran, siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk  mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 9 Kendari pada materi asam basa menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS), mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran dan mendeskripsikan efektifitas penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS). Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan desain Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik pengumpulan data menggunakan Pretest Posttest dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 9 Kendari yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) diperoleh nilai rata-rata 76,97 dan aktivitas belajar siswa sebesar 80,5%. Dari data tersebut menunjukkan bahwa penerapan model Think Pair Share (TPS) pada pembelajaran asam basa dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan kategori sangat baik dengan efektifitas pembelajaran sebesar 0,65 atau nilai n-gain termasuk pada kategori sedang.

 

Downloads

Published

2024-02-15 — Updated on 2024-02-15

How to Cite

Septiani, A., Tewa, Y., & Rahmanpiu. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIPA pada Materi Asam Basa. Sains: Jurnal Kimia Dan Pendidikan Kimia, 12(2), 78–86. Retrieved from https://sains.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/38

Most read articles by the same author(s)