Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIPA pada Materi Asam Basa
Keywords:
asam basa, koperatif, model pembelajaran, siswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 9 Kendari pada materi asam basa menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS), mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran dan mendeskripsikan efektifitas penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS). Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan desain Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik pengumpulan data menggunakan Pretest Posttest dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 9 Kendari yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) diperoleh nilai rata-rata 76,97 dan aktivitas belajar siswa sebesar 80,5%. Dari data tersebut menunjukkan bahwa penerapan model Think Pair Share (TPS) pada pembelajaran asam basa dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan kategori sangat baik dengan efektifitas pembelajaran sebesar 0,65 atau nilai n-gain termasuk pada kategori sedang.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ani Septiani, Yunianti Tewa, Rahmanpiu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.